Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PAIBP SMP TAHUN 2021

CONTOH PTK PAIBP SMP TAHUN 2021-Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar PAIBP tema dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah melalui penerapan metode jigsaw. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMPN pada sejumlah 29 siswa. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2020-2021 selama 4 Bulan. Nantinya data yang akan dikumpulkan marupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif tersebut diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus yang dilakukan. 

Untuk data kualitatif yang dihasilkan berupa nilai observasi pada tiap siklus pembelajaran yang dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dikonversikan dengan kategori keberhasilan untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa dapat diketahui bagaimana peningkatannya. Hasil penelitian penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PAIBP tema dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah, pada studi kondisi awal di dapatkan hanya 4 siswa dengan perolehan motivasi siswa dengan rata-rata kelas 52,49 (Cukup) dan menunjukan persentase keberhasilan motivasi siswa 13,79% (sangat kurang). 

Pada siklus I ada sejumlah siswa yang memiliki peningkatan motivasi belajar bertambah 15 menjadi siswa 19 dengan perolehan motivasi siswa dengan rata-rata kelas 63,60 (Cukup) dan menunjukan persentase keberhasilan motivasi siswa 65,52% (Baik). Pada siklus II siswa yang berhasil meningkat motivasi belajarnya dengan perolehan motivasi siswa dengan rata-rata kelas 77,01 (Baik) dengan 26 siswa yang memiliki peningkatan motivasi dan menunjukan persentase keberhasilan motivasi siswa 89,66% (Sangat Baik). 

Keberhasilan siswa dalam pelajaran PAIBP tema dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah pada siswa kelas VII-A SMPN mengalami adanya peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penerapan metode jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAIBP tema dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah sehingga layak untuk diterapkan di SMPN.

Kata Kunci : metode jigsaw, motivasi belajar, paibp kelas VII, ptk paibp kelas VIII, paibp kelas IX

judul ptk paibp

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAIBP TEMA DENGAN ILMU PENGETAHUAN SEMUA MENJADI LEBIH MUDAH MEMALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII-A SMPN 

Perubahan global yang terjadi akan mempengaruhi tata kelola hidup masyarakat, bangsa dan negara. Perubahan tersebut menuntut adanya perbaikan yang berkaitan dengan sistem pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Dengan adanya perbaikan sistem pembelajaran disekolah, diharapkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran akan meningkat sehingga akan berpengaruh juga pada motivasi belajar siswa.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat peran dan fungsi pendidikan sekolah semakin penting dan dibutuhkan dalam masa pembangunan yang sedang berlangsung. Melewati pendidikan sekolah, beberapa aspek pendidikan dapat dikembangkan, untuk menghasilkan pekerja manusia yang berkualitas dan berkualitas. Kualitas dan mutu sumber daya manusia yang diharapkan dapat menghadapi tantangan globalisasi yang sedang terjadi. 

Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di kelas ini diantaranya: Motivasi belajar siswa yang kurang dan tidak merata, dimana terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar besar dalam memahami penjelasan guru dan ada siswa yang lambat dalam menerima penjelasan guru. Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas, ini dapat dilihat dari jarang siswa yang melakukan pertanyaan ke guru jika siswa itu tidak mengerti tentang masalah dan jarang siswa yang ingin mengekspresikan pendapat mereka di kelas kecuali siswa tertentu saja.

Banyak siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran PAIBP sehingga pada saat pembelajaran siswa biasanya tidak memperhatikan, banyak yang melamun, atau melakukan aktivitas lain di luar pembelajaran. Perasaan bosan dari siswa dapat disebabkan oleh model pembelajaran tidak bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan saja. 

Dari hasil observasi awal siswa, sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang kurang terhadap penjelasan guru. Selain itu, parasiswa juga merasa gerogi dan tegang pada waktu belajar sehingga kondisi ini meningkatkan jarak antara guru dan siswa.

Diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan berpikir untuk mencari solusi atas persoalan yang ada untuk mencapai tujuan pembelajaran serta kemampuan bekerjasama dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran  yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan metode jigsaw. 

Posting Komentar untuk "CONTOH PTK PAIBP SMP TAHUN 2021"