Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SMA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022


Kurikulum Merdeka Belajar  untuk modul SMA akan dimulai pada Kelas X 2022/2023. Ada hal yang sangat menarik dalam program ini. Salah satunya adalah karakter konvergensi dan adaptasi melalui perkembangan teknologi digital.

Ilmu komputer (tik) nantinya akan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah. Hal ini tentunya menjadi salah satu langkah nyata untuk menjawab tantangan literasi teknologi di abad 21, dan Kurikulum Merdeka Belajar  ini juga dinilai lebih fleksibel dalam strukturnya.

Jika tujuan Kurikulum Merdeka Belajar  tercapai setelah satu semester di tahun sebelumnya, sekarang bisa dalam waktu satu tahun. Sedangkan dari segi materi pelajaran, program ini lebih menekankan pada pencapaian tujuan inti materi pelajaran.

Dasar untuk menentukan pilihan Kurikulum Merdeka Belajar 

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar  berorientasi pada objek dan merupakan mata pelajaran pendidikan bagi siswa. Oleh karena itu, pilihannya harus ditentukan dan didasarkan pada pertimbangan kebutuhan kepribadian siswa pada umumnya.

Pertimbangan sarana dan prasarana pembelajaran tidak bisa dikesampingkan. Bagi guru itu sendiri, yang berperan sebagai pelaksana kurikulum di sekolah. Tentu saja itu sangat bagus, tapi itu bukan masalah besar.

Karena pemerintah telah menyediakan aplikasi yang berbeda untuk sumber belajar. Jadi ketika melihat pilihan kurikulum, tidak ada yang baik jika tidak memenuhi kebutuhan kepribadian setiap siswa, kesempatan belajar, dan keterampilan mengajar.

PTK SMA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS X

Demikian pembahasan tentang Review Kurikulum Merdeka Belajar untuk SMA. Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa mereka diberikan kebebasan memilih sejak tingkat sekolah menengah. Namun, harus didasarkan pada silabus 2013.

Peningkatan ini tergantung dari data yang diperoleh pada setiap siklusnya. Setelah dua kali pertemuan pada sesi pertama, penulis memberikan tes kepada siswa berdasarkan materi yang dipelajari pada dua pertemuan tersebut. 

Dari hasil tes yang dilakukan terlihat bahwa jumlah siswa XII IPA-1 yang tuntas mengalami peningkatan, yaitu 22 siswa (75,86%) telah tuntas KKM. Angka tersebut mencapai indeks keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar yaitu 75% siswa tuntas KKM. 

Kelas rata-rata 78. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan hasil tes pra sesi. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas pada XII IPA-1 meningkat. Sebanyak 26 (89,66) siswa menyelesaikan KKM. Sedangkan rata-rata kelas adalah 87. 

PTK SMA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS XI

Data ini menunjukkan bahwa baik jumlah siswa yang menyelesaikan mata kuliah maupun rata-rata nilai post-test kelas meningkat setiap mata kuliah. Menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa Kelas XII IPA-1 dimulai dari peningkatan pada setiap mata kuliah. 

Penulis menemukan bahwa tidak hanya hasil belajar yang meningkat, tetapi motivasi belajar kimia siswa meningkat setelah dua siklus kegiatan pembelajaran kimia. Hasil survei siklus I menunjukkan bahwa 93,10% siswa IPA-1 XII mengalami peningkatan motivasi belajar kimia. 

Rincian kenaikan tersebut adalah: 1) Belum ada untuk peringkat "A" (diperingkat dengan tingkat motivasi belajar siswa yang tinggi). 2) Namun, ada 13 siswa kelas 12 IPA-1 di kelas “B” (siswa bermotivasi tinggi). 3) Kelas C (Motivasi Belajar Siswa Tergolong Cukup) sebanyak 14 orang. 

PTK SMA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS XII

Dapat dikatakan bahwa hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan hasil survei pada fase pra sesi. Pada siklus II hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas 12 IPA-1 kimia meningkat. 

Tercatat 4 siswa mendapat nilai “A” (motivasi belajar siswa sangat tinggi). 24 siswa lainnya mendapat nilai "B" (dinilai sebagai motivasi belajar siswa yang tinggi) dan satu siswa mendapat nilai "C" (dinilai sebagai motivasi belajar siswa yang cukup). Tingkat ketercapaian pada siklus II adalah 100%, karena tidak ada siswa yang memenuhi predikat “D” dan “E”.

contoh ptk sma ekonomi contoh ptk sma bahasa indonesia contoh ptk sma biologi contoh ptk sma sejarah contoh ptk sma contoh ptk sma pai contoh ptk sma penjas.

contoh ptk sma bahasa inggris contoh ptk sma fisika contoh ptk sma pdf contoh ptk sma ppkn contoh ptk sma matematika contoh ptk sma seni rupa

Posting Komentar untuk "CONTOH PTK SMA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022 "